Semakin bertambahnya umur, euforia menyambut bulan Ramadan terasa semakin biasa. Seperti nggak lagi kerasa seheboh waktu kita kecil dulu.

“Bulan depan sudah puasa? Oh. Nggak kerasa, ya.”

Respon kita cuma mentok kayak gitu biasanya.

Coba dulu, selalu ada aja tradisi kecil-kecilan yang nggak pernah kita lewati mulai dari sahur hingga buka. Bahkan sampe sebulan. Hmmm, tradisi mana nih yang masih kamu lakuin sampe puasa di umur sekarang, guys? Demi puasa yang tetap happy!

1. Selalu ada libur di hari-hari awal puasa. Bisa puas-puasin nonton kartun seharian di rumah!

Nonton Kartun seharian via www.thoughtco.com

Saat masih sekolah dasar sampe bangku SMA, kamu selalu dapet jatah untuk merasakan libur awal puasa. Di 3 hari yang berharga ini, kamu bisa puas-puasin buat bermalas-malasan di rumah. Ya, hitung-hitung adaptasi lagi buat puasa di bulan Ramadan.

Kalau udah umur segini, masih dapet jatah libur awal puasa nggak nih? Hehehehe.

2. Tarawih, ngaji berapa ayat, dan dengerin ceramah, semua terangkum di buku ini!

Buku ini pernah jadi populer dan ngetren di masanya. Pasti pernah punya deh kamu! Jangan lupa, harus ditandatangani Pak Ustadz ya.

3. Satu angkatan berkumpul di aula gede buat ikutan Pondok Ramadan. Dengerin ceramah seharian

Rame-rame via www.dakwatuna.com

Pondok Ramadan ini biasanya jadi ajang reuni teman-teman yang pernah sekelas tahun kemarin. Dengerin ceramah OK. Diselingi ngobrol juga sama temen sebelah biar nggak ngantuk dan bosen.

4. Pulang sekolah, tidur siang. Bangun-bangun sampe buka nontonin Sinetron Ramadan dengan tenangnya

Kamu yang mana? via www.vidio.com

Dari sinetron ini: Lorong Waktu, Demi Masa, Para Pencari Tuhan, mana yang jadi favoritmu yang kamu tonton tiap hari di TV?

Dibandingkan sama sekarang sih, lebih suka tiduran di kasur sambil scroll HP daripada nontonin TV. Bukain akun media sosial satu-satu dan baca artikel yang seru, unik, dan informatif. Supaya puasamu lebih barokah, buka 1001 Inspirasi Ramadan-nya Unilever nggak boleh absen ya!

Tentang mau buka pake takjil apa, cari tahu kegiatan yang nggak bikin capek tapi seru, ada semuanya di 1001 Inspirasi Ramadan. Daripada kepoin akun gosip terus, ‘kan sayang ibadahmu jadi sia-sia. 🙂

5. Ngeliatin iklan sirup di TV bikin menunggu 5 menit jadi kerasa lama banget

Hmmm via www.youtube.com

Ini adalah godaan terberat. Lima menit terasa lama banget. Udah mulai tergoda sama kesegaran visual esnya tuh!

6. Bawaannya pingin cicipin makanan yang disiapin Ibu buat buka puasa. Hayo, tahan!

Nggak sabar via www.theodysseyonline.com

Siapa yang tidak tergiur untuk mencicipi masakan dan takjil yang sedang disediakan Ibu? Rasa manis dan gurihnya bisa kamu bayangkan saat masuk ke mulut. Belum lagi menu yang lain. Ibu dengan sigap menegur “Hayooo, tahan ya!” Daripada batal, mending kamu lihat dan dengerin kultrim di 1001 Inspirasi Ramadan!

7. Buat yang cowok, pas kecil pasti nggak pernah lupa kebiasaan main sarung sebelum berangkat tarawih

Bisa ajaaa via www.gulalives.co

Sarung itu esensial buat cowok. Nggak cuma buat ibadah, kadang anak kecil selalu ada cara buat seru-seruan dengan sarung. Dibuat seragam ninja selama perjalanan ke masjid buat tarawih misalnya.

8. Pas tarawih bawaannya pengen main-main, waktu kecil mah nggak ada rasa nyesel sama sekali

Jungkir balik via hipwee.com

Kenceng-kencengan berseru “AMIIIN” setelah al-fatihah pas tarawih, misalnya. Yah, namanya juga masih belum ngerti. Hehehehe.

9. Walau lebaran masih lama, habis tarawih nimbrung mainan petasan itu sudah biasa

Rutinitas habis tarawih via hipwee.com

Pulang-pulang tarawih, suara yang familiar terdengar adalah petasan. Yah, walaupun lebaran masih lama, biar puasaan makin meriah euforianya.

10. Bangunin orang sahur dan keliling rame-rame. Kamu selalu semangat kalau diajak

Bangun yak semua! via bengkuluekspress.com

Sahur sahur..sahur..sahuuur..sahuur..sahuur

Jam 2 pagi kamu sudah dibangunin teman-teman buat siap-siap bangunin orang sahur dan keliling kampung. Kamu nggak pernah nolak kalau diajak!

11. Kalau sudah mata susah melek buat sahur, cuma Mama yang mau nyuapin kamu makanannya sebelum imsyak datang

Haaak via malesbanget.com

12. Pernah batalin puasa diam-diam? Ada-ada aja ya~

Udah nggak kuat haus dan tenggorokan udah terasa kering banget, kamu diam-diam minum es teh markisa jeruk lemon seteguk. Trus berlagak kayak nggak ada apa-apa. Nggak apa-apa, dulu mah masih dimaklumin. Hehehehe.

13. Lebih seneng buka di rumah sama keluarga. Belum kenal yang namanya acara buka bersama

Lengkap! via jabar.tribunnews.com

Ya, semuanya sebelum kamu dapet undangan acara buka bersama. Buka sama Ayah, Ibu, Adek, dan Kakak di rumah aja udah bikin senang.

14. Diajakin belanja baju lebaran senengnya minta ampun. Banyak banget yang dipingin di sana

Mau semua via blackhillsparent.com

Excited banget, sampe 10 baju mau diborong semua. :)))

15. Lebaran itu yang paling ditunggu. Ada ketupat, opor ayam, dan ketemu keluarga besar di rumah Nenek

Nyam via id.pinterest.com

Sehabis salat Ied, langsung sungkem sama keluarga besar di rumah Nenek. Setelah itu, kamu sudah nggak sabar untuk ke dapur dan menyantap ketupat, opor ayam, dan makanan lainnya. Sudah pasti deh itu!

16. Dan yang paling dinanti adalah……. angpau atau galak gampil :)))

Ratusan ribu! via www.ummi-online.com

Dulu pas masih sekolah, kamu bisa dapat angpau atau galak gampil dengan jumlah yang banyak! Dari Om, Tante, Kakak, dan tetangga-tetangga.

Kalau sekarang sih, sudah waktunya kamu yang memberi angpau buat saudaramu. Lewat masanya buat dapet angpau. Hehehehe.

Memang sudah berbeda ya tradisi puasa yang kamu lakukan dulu dan sekarang. Pasti ada banyak tradisi di atas yang sudah nggak kamu lakuin lagi. Kesibukan yang bejibun memang sering jadi alasan.

Tapi sesibuk-sibuknya kamu, jangan sampai kelupaan untuk terus mendapat asupan positif yang menginspirasi di bulan Ramadan ini ya. Karena ada 1001 Inspirasi Ramadan yang siap bikin harimu makin bermakna. 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

17 Tradisi yang Pernah Bikin Happy di Bulan Puasa. Hayo, Masih Kamu Lakuin Nggak di Puasa Tahun Ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *